Monday, January 20, 2014

Nissan Cedric Sedan Classic Nan Irit

Mobil Nisan Cedric

Nissan Cedric (Gloria) adalah penerus dari Datsun 260C yang pernah populer sebagai kendaraan diplomat di era 70-an. Sebagai pesaing Toyota Crown, Nissan Cedric dibekali dengan interior eksklusif dan suspensi yang nyaman. Di Indonesia sendiri, Nissan Cedric Diesel digunakan sebagai armada Taxi sedangkan Cedric yang bermesin bensin tidak masuk ke pasaran. 

Nissan cedric merupakan salah satu mobil klasik yang model lama digunakan sebagai taksi. Dengan model sedan dan bermesin diesel mobil ini terkenal irit dan cukup nyaman. Kini sudah hadir bentuk-bentuk baru dari jenis model dengan berbagai kelebihan-kelebihan dan fitur-fitur terbaru dari series sebelumnya.

Nissan cedric sendiri merupakan jenis mobil sedan yang di produksi oleh Nissan Motors asal Jepang  sejak 1960. Bentuk cedric adapula yang berbentuk wagon dan hardtop dan pada 1970-an juga dibuat cedric hardtop coupe dua pintu.
Tampak Belakang Nisan Cedric

Nissan Cedric yang masuk ke Indonesia adalah Datsun 260C dan 280C antara 1971 dan 1980. Pada 1990-an sampai dengan 2004 hadir di Indonesia dalam tiga varian, TD25 (2500 cc), TD27 (2700 cc) dan QD32 (3200 cc). Sebuah armada taxi besar mendatangkan Nissan Cedric ke Indonesia karena terkenal dengan kenyamanan dan keiritan dalam penggunaan bahan bakar. 

Pertama hadir di Indonesia th '92 (KTT Nonblok), setelah digunakan pada KTT terus dibeli oleh Bluebird Group, tahun 1997,1998,2000, dan terakhir 2004, yang masih beroperasi. Perbedaan cedric tahun 2004 dengan lainnya adalah pada list chrome lampu belakang, sedangkan tahun 1992 sangat jauh beda, baik dari mesin, body dll. 

Engine Nissan Cendrik ada 2 type Engine 2.5l 4 silinder segaris dan 2.8l 4 silinder segaris yang '98 kebawah itu enginenya 2.5l, 99 keatas sudah 2.8l, semuanya masih menganut indirect injection, artinya masih pake glow plug (busi pemanas). mesin tanpa turbo. '92 kebawah enginenya 2.8l RD28 6 silinder segaris yang tua tapi legendaris, tipe ini punya kesulitan sparepart. Penggerak roda belakang sistem gardan, konsumsi solarnya bisa 1:14-16 kombinasi, saat macet sekitar 1:10-11an. suspensinya nyaman dan stabil cocok dibawa dalam perjalanan jauh. 

Spesifikasi mesin terdapat 3 jenis:
- TD23 : 2.300 cc indirect injection 4 cylinder inline
- TD25 : 2.500 cc indirect injection 4 cylinder inline
- TD27 : 2.700 cc indirect injection 4 cylinder inline

Related Posts

Nissan Cedric Sedan Classic Nan Irit
4/ 5
Oleh