KERUSAKAN Kepada MESIN LAS Lakoni
Trik MEMPERBAIKI MESIN LAS
Untuk bisa memperbaiki satu buah mesin kita mesti mengetahui dulu prinsif kerja & trick kerja mesin tersebut.
Jikalau kita telah mengetahui kiat penggunaan & fungsi dari mesin tersebut barulah kita akan mengenal jikalau ada sesuatu ada yang tak normal/abnormal kepada sebuahmesin (Mesin Las).
Terhadap artikel ini aku bakal sedikit sharing berkenaan pengalaman aku dalam memperbaiki mesin las (khususnya mesin las inverter MMA portable series)
Utk bakal memperbaiki mesin las kita mesti bisa mengenal proses kerja dari rangkaian block PCB terhadap mesin las.
Di pasaran mesin las inverter MMA portable series terbagi dalam sekian banyak kategori,antara lain :
Tipe MOSFET
Kategori IGBT.
Yg di tujuan kategori disini merupakan pemakaian MOSFET atau IGBT dalam satu buah rangkaian mesin las (Main-main PCB)
Permasalah yang tidak jarang berlangsung ialah sbg berikut :
Mesin las mati keseluruhan.
Mesin las hidup tapi tak bakal buat mengelas (Tdk ada OCV , Low OCV dan High OCV)
Mesin las protect (On weld dan Off weld)
Busur api mesin las tak mampu di kontrol.
On weld listrik pd MCB PLN trip/turun.
Dll
PERALATAN WAJIB Yang Butuh DI PERSIAPKAN SEBELUM PERBAIKAN :
- Fasilitas UKUR (AVO meter/multitester analog atau digital)
- Solder
- Solder Sucker (Penyedot Timah)
- Timah
Okelah kita lanjut kepada tahapan berikutnya,
Trik PERBAIKAN :
MESIN LAS MATI Keseluruhan
Perihal yg butuh di lihat apabila menemui permasalah seperti ini yaitu teliti lebih-lebih dulu terhadap tegangan input listrik.
Teliti power cord kabel mesin las.
Teliti kabel input power kepada mesin las.
Teliti Saklar (On/Off Switch)
Memeriksa tegangan kebagian power dari PCB Main-main apakah ada tegangan buat triger relay (12VDC / 24VDC).
MESIN LAS HIDUP Tapi Tak Bakal MENGELAS (WELDING)
Nyaris sama kepada point diawal mulanya ,hanya perbedaannya kebanyakan mesin las hidup lampu indicatornya saja atau cuma kipas saja berputar namun tak akan buatmengelas.
Mengecek rangkaian Auxilary/Switching.
Teliti Driver.
MESIN LAS PROTEK Terhadap Dikala MENGELAS
Permasalahan seperti ini kebanyakan terhadap diwaktu electrode/kawat las bersentuhan bersama base metal/benda kerja yang bakal dilas lampu indicator protec bakalmenyala (OC) yang mengakibatkan mesin las tak mampu mengeluarkan bususr api kepada electrode (dalam kondosi seperti ini sebaiknya janganlah diteruskan buatmengelas lantaran kalau lampu OC menyala berarti terdapat Oven Circuit terhadap rangkaian mesin tsb.
Teliti bidang Control board.
MESIN LAS PROTEK Diwaktu Diwaktu MESIN DI HIDUPKAN
Utk permasalahan seperti ini rata rata terhadap dikala baru dapat dinyalakan (On power) mesin las dapat cepat OC (Oven Circuit) umumnya di tandai dgn indicator lampu LED kepada front panel.
Teliti bidang bermain : Driver , (MOSFET/IGBT )
Mengecek Thermostat.
mengecek bidang block output (Dual rectifier)
BUSUR API Tak Bakal DI KONTROL
Terhadap ketika posisi weld atau pengelasan pengaturan amper kepada mesin las tak disa di kontrok (dinaikan/diturunkan Amp weld)
Teliti VR (umumnya memakai potensio 1K Ohm 1 1/2W)
Memeriksa sektor Protect dan Current Given.
ON WELDING TRIP (BELUM Dimanfaatkan MENGELAS)
Kebanyakan ditandai bersama terhadap diwaktu kita menyalakan (On) mesin las jikalau kita memanfaatkan sumber listrik (PLN) sehingga MCB kepada meter PLN bakalsegera trip/turun (walau kita menggunaka listrik dgn ampere MCB yang gede.
Memeriksa rangkaian penyearahnya (power supply)
Trik MEMPERBAIKI MESIN LAS
Untuk bisa memperbaiki satu buah mesin kita mesti mengetahui dulu prinsif kerja & trick kerja mesin tersebut.
Jikalau kita telah mengetahui kiat penggunaan & fungsi dari mesin tersebut barulah kita akan mengenal jikalau ada sesuatu ada yang tak normal/abnormal kepada sebuahmesin (Mesin Las).
Terhadap artikel ini aku bakal sedikit sharing berkenaan pengalaman aku dalam memperbaiki mesin las (khususnya mesin las inverter MMA portable series)
Utk bakal memperbaiki mesin las kita mesti bisa mengenal proses kerja dari rangkaian block PCB terhadap mesin las.
Di pasaran mesin las inverter MMA portable series terbagi dalam sekian banyak kategori,antara lain :
Tipe MOSFET
Kategori IGBT.
Yg di tujuan kategori disini merupakan pemakaian MOSFET atau IGBT dalam satu buah rangkaian mesin las (Main-main PCB)
Permasalah yang tidak jarang berlangsung ialah sbg berikut :
Mesin las mati keseluruhan.
Mesin las hidup tapi tak bakal buat mengelas (Tdk ada OCV , Low OCV dan High OCV)
Mesin las protect (On weld dan Off weld)
Busur api mesin las tak mampu di kontrol.
On weld listrik pd MCB PLN trip/turun.
Dll
PERALATAN WAJIB Yang Butuh DI PERSIAPKAN SEBELUM PERBAIKAN :
- Fasilitas UKUR (AVO meter/multitester analog atau digital)
- Solder
- Solder Sucker (Penyedot Timah)
- Timah
Okelah kita lanjut kepada tahapan berikutnya,
Trik PERBAIKAN :
MESIN LAS MATI Keseluruhan
Perihal yg butuh di lihat apabila menemui permasalah seperti ini yaitu teliti lebih-lebih dulu terhadap tegangan input listrik.
Teliti power cord kabel mesin las.
Teliti kabel input power kepada mesin las.
Teliti Saklar (On/Off Switch)
Memeriksa tegangan kebagian power dari PCB Main-main apakah ada tegangan buat triger relay (12VDC / 24VDC).
MESIN LAS HIDUP Tapi Tak Bakal MENGELAS (WELDING)
Nyaris sama kepada point diawal mulanya ,hanya perbedaannya kebanyakan mesin las hidup lampu indicatornya saja atau cuma kipas saja berputar namun tak akan buatmengelas.
Mengecek rangkaian Auxilary/Switching.
Teliti Driver.
MESIN LAS PROTEK Terhadap Dikala MENGELAS
Permasalahan seperti ini kebanyakan terhadap diwaktu electrode/kawat las bersentuhan bersama base metal/benda kerja yang bakal dilas lampu indicator protec bakalmenyala (OC) yang mengakibatkan mesin las tak mampu mengeluarkan bususr api kepada electrode (dalam kondosi seperti ini sebaiknya janganlah diteruskan buatmengelas lantaran kalau lampu OC menyala berarti terdapat Oven Circuit terhadap rangkaian mesin tsb.
Teliti bidang Control board.
MESIN LAS PROTEK Diwaktu Diwaktu MESIN DI HIDUPKAN
Utk permasalahan seperti ini rata rata terhadap dikala baru dapat dinyalakan (On power) mesin las dapat cepat OC (Oven Circuit) umumnya di tandai dgn indicator lampu LED kepada front panel.
Teliti bidang bermain : Driver , (MOSFET/IGBT )
Mengecek Thermostat.
mengecek bidang block output (Dual rectifier)
BUSUR API Tak Bakal DI KONTROL
Terhadap ketika posisi weld atau pengelasan pengaturan amper kepada mesin las tak disa di kontrok (dinaikan/diturunkan Amp weld)
Teliti VR (umumnya memakai potensio 1K Ohm 1 1/2W)
Memeriksa sektor Protect dan Current Given.
ON WELDING TRIP (BELUM Dimanfaatkan MENGELAS)
Kebanyakan ditandai bersama terhadap diwaktu kita menyalakan (On) mesin las jikalau kita memanfaatkan sumber listrik (PLN) sehingga MCB kepada meter PLN bakalsegera trip/turun (walau kita menggunaka listrik dgn ampere MCB yang gede.
Memeriksa rangkaian penyearahnya (power supply)
Kerusakan Yang Biasa Terjadi Pada Mesin las Listrik Lakoni dan Cara Memperbaikinya
4/
5
Oleh
ardhy
9 comments
google translatenya maksa amat gan
ReplyBila di pakai ngelas power trafo langsung drop solusinya bgmna pak
ReplyBila di pakai ngelas power trafo langsung drop solusinya bgmna pak
ReplyRada mudeng sitik
ReplyMaaf mau tanya Type condensor dekat soket kabel yg nyambung ke Trafo brp ya Bos?dua duanya terbakar Type lakoni 900watt makasih
Reply@mumun 475/250v atau 475/400v
ReplyBisa jadi capacitor power supply rusak/kembung
ReplyGan rilon arc 160 saya ,kalau kawat dioda ditempelkan trafonya mati total,mohon pencerahanya gan
ReplyMohon penjelasanny,mesin las lakoni saya mati total apa pnywbbany dari rilay?mohon penjelasanny
Reply