Wednesday, January 22, 2014

Aplikasi Multisim Untuk Bidang Elektronika

Multisim untuk bidang elektronika
Untuk bidang elektro telah dikembangkan program-program yang mampu mengontrol kerja mesin atau alat secara otomatis, melakukan simulasi input-output suatu desain rangkaian elektro, membantu pendesainan rangkaian listrik secara efisien, dll.

Mutlisim 7 atau Electronic WorkBench biasa disingkat EWB merupakan sebuah program paket simulasi untuk rangkaian elektronik. Program ini dapat digunakan untuk merancang dan menganalisa rangkaian tanpa menggunakan breadboard, komponen nyata atau instrumentasi asli. 
Multisim
Mutlisim 7 adalah operasi klik dan drag yang membuat mengeditan sebuah rangkaian mudah dan cepat. Anda dapat mengubah parameter dan komponen rangkaian dengan mudah serta menganalisanya dengan cepat. Program ini penuh dengan skematik yang terintegrasi, simulasi dan logika pemograman maka anda dapat merancang dengan penuh keyakinan bahwa anda bebas dari segala masalah yang akan datang ketika bertukar data antar aplikasi dari produk software yang berbeda.

Multisim 7 mendukung setiap langkah-langkah proses perancangan sirkuit yang biasanya meliputi :
  1. Memasukkan rancangan (menggunakan capture skematik) ke dalam tool program.
  2. Meng-verifikasi kejadian-kejadian yang diharapkan dari rangkaian yang dirancang. Langkah ini dilakukan dengan menjalankan simulasi.
  3. Memodifikasi rangkaian yang telah dirancang jika tidak sesuai dengan yang diharapkan.
  4. Mengambil langkah selanjutnya dari implementasi rangkaian ini seperti membuat layout PCB.
Untuk memastikan suatu rangkaian elektronik dapat digunakan sesuai dengan harapan/perhitungan secara teori, kita dapat mensimulasikan rangkaian elektronik tersebut dengan bantuan software komputer, sebelum kita mengimplementasikan. Untuk itu disini saya akan memaparkan bagaimana cara mensimulasikan rangkaian elektronik dengan menggunakan software computer, yang disini saya pakai ialah National Instrument-Multisim versi 12.0. untuk menjalankan Multisim kamu dapat melihat artikel terkait membuat dan mensimulasi rangkaian dalam Multisim

Related Posts

Aplikasi Multisim Untuk Bidang Elektronika
4/ 5
Oleh